HUMAS BAWASLU HARUS SAMPAIKAN INFORMASI LEMBAGA LEBIH CEPAT DARI MEDIA EXTERNAL
|
HUMAS BAWASLU HARUS SAMPAIKAN INFORMASI LEMBAGA LEBIH CEPAT DARI MEDIA EXTERNAL
#semetonbawaslu Humas Bawaslu harus bisa menyampaikan informasi lembaga lebih cepat daripada media-media external. Jangan sampai informasi yang memang dari Bawaslu itu sendiri telat dirilis atau disampaikan ke masyarakat, apalagi sampai masyarakat malah lebih dulu tau informasinya dari media-media external. Begitu disampaikan Kabag Humas dan AL Bawaslu Hengky Pramono dalam Rapat Daring Optimalisasi Peran dan Fungsi Humas Bawaslu, Jumat (5/6/2020).
Namun dibalik kecepatan informasi yang disampaikan harus juga memperhatikan efisiensi serta keakuratan informasi tersebut, sehingga informasi yang dibuat dapat tersampaikan secara tepat ke masyarakat,â€ucapnya
Lebih lanjut Hengky mengatakan humas Bawaslu harus dapat memainkan peranannya untuk meningkatkan pelayanan dan pengelolaan informasi di Bawaslu serta mampu mendorong partisipasi masyarakat untuk mensukseskan berbagai program Bawaslu. Jadi Humas Bawaslu harus meningkatkan kemampuan dengan menguasai teknologi informasi dan komunikasi, termasuk di dalamnya media sosial sehingga dapat mengetahui kebutuhan publik,’tegasnya.
Katanya agar informasi dapat disampaikan secara cepat dan luas, Humas Bawaslu harus lihai dalam memanfaatkan berbagai moda komunikasi yang ada, seperti media online dan media sosial. Humas Bawaslu pun harus dapat luwes dan pandai membidik sasaran publik berdasarkan geografis, demografis, sosiografis, psikologis, dan teknografis.
Selain itu, humas Bawaslu harus dapat lebih mendekatkan diri dan merangkul berbagai para jurnalis media massa karena mereka merupakan penyambung lidah informasi dari Bawaslu kepada masyarakat. Bersama media massa, Humas Bawaslu juga dapat mengelola suatu isu publik,â€ujarnya
Yang tidak kalah penting lagi, kata Hengky harus bias merangkul generasi melenial melalui media sosial, misalnya Instagram, twitter, Youtube dan sejenisnya. Melalui media ini kita dengan mudahnya dapat mendekati followers yang tergolong generasi millenial dengan memberikan komunikasi pesan lintas generasi.