USAI DILANTIK, SAKA ADHYASTA BAWASLU KABUPATEN BANGLI RANCANG PROGRAM SAKA
20
Sep
Selamat Datang di Website Bawaslu Bangli

USAI DILANTIK, SAKA ADHYASTA BAWASLU KABUPATEN BANGLI RANCANG PROGRAM SAKA


Bangli, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Setelah dilantik pada 2 Oktober lalu, Saka Adhyasta Bawaslu Kabupaten Bangli kini merancang program saka untuk mengawal kesuksesan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangli Tahun 2020.

“Program kegiatan dari satuan karya Pramuka yang merupakan wadah kegiatan keadhyastaan (pengawalan) Pemilu ini diklasifikasi sesuai dengan krida-krida yang ada yaitu Krida Pencegahan, Krida Pengawasan dan Krida Penindakan,”ungkap Sekretaris Kwarcab Bangli I Nengah Wikrama, S.Pd, M.Pd dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilihan Partisipatif pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangli Tahun 2020 di Segara Hotel Kintamani, Senin (3/11/2020).

Wikrama menyebutkan, krida pencegahan akan melakukan kegiatan seperti sosialisasi pemilu luber jurdil, kampanye tolak politik uang, kampanye tolak politik sara dan juga kampanye tolak berita hoak. Sedangkan dalam krida pengawasan akan dilakukan kegiatan pengaduan ataupun jemput informasi mengenai tahapan pemilihan yang sedang berjalan. Dan yang terakhir krida penindakan akan ikut berkontribusi dalam penindakan pelanggaran pemilu/pemilihan.

“Dengan dirancangnya program ini, maka Saka Adhyasta Bawaslu Kabupaten Bangli tidak hanya dibentuk dan dilantik saja, melainkan dapat berkontribusi secara nyata dalam mensukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangli Tahun 2020,”ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangli itu.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Provinsi Bali I Ketut Rudia, SE., MM mengatakan misi Bawaslu adalah mengajak seluruh komponen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pengawasan partisipatif pemilu/pemilihan termasuk menggandeng Gerakan pramuka.

Menurutnya Gerakan pramuka merupakan aset yang sangat penting dalam proses pengawasan pemilu/pemilihan secara partisipatif. Ia melihat bahwa gerakan Pramuka memiliki semangat dan karakter yang sangat kuat untuk menjadi perpanjangan tangan Bawaslu dalam menyampaikan informasi mengenai pemilu/pemilihan kepada masyarakat.

Pihaknya berharap gerakan Pramuka ini mampu berkontribusi aktif dalam mensukseskan proses pesta demokrasi yang ada di Kabupaten Bangli “ Saya harap adik-adik Pramuka ini bisa bersinergi dengan Bawaslu untuk memberikan pendidikan politik setidaknya dilingkungan keluarga ataupun masyarakat luas. Terlebih jika bisa memberikan informasi kepada Bawaslu kalau ada dugaan pelanggaran pemilu/pemilihan yang terjadi,”ujarnya.

Dalam pelaksanaan tahapan kampanye yang telah berjalan lebih dari sebulan ini, iapun mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ikut mesukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangli Tahun 2020 dengan ikut mengawasi pelaksanaan setiap tahapan yang sedang berjalan.“ kesuksesan Pilkada tidak hanya tanggung jawab Bawaslu ataupun KPU saja, melainkan tanggung jawab seluruh masyarakat. Oleh karenanya dukugan penuh seluruh masyarakat akan menjadi tolak ukur dari kesuksesan Pilkada itu sendiri,”pungkas Rudia.


Tags : USAI DILANTIK, SAKA ADHYASTA BAWASLU KABUPATEN BANGLI RANCANG PROGRAM SAKA


blog comments powered by Disqus