PENDAFTARAN BAKAL CALON DITUTUP, BAWASLU BANGLI LAKUKAN PENGAWASAN VERIFIKASI BERKAS
23
Oct
Selamat Datang di Website Bawaslu Bangli

PENDAFTARAN BAKAL CALON DITUTUP, BAWASLU BANGLI LAKUKAN PENGAWASAN VERIFIKASI BERKAS


#semetonbawaslu Ketua Bawaslu Kabupaten I Nengah Purna, SH mengatakan terdapat dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bangli telah mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Bangli.

Kemarin (Minggu, 6 September 2020) KPU Kabupaten Bangli telah menutup pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bangli Tahun 2020. Dari hasil pengawasan kami, telah terdapat dua bakal pasangan calon Bupati dan wakil Bupati yang telah mendaftar, “Ucapnya dalam Rapat Koordinasi Pokja Pencalonan Bawaslu Kabupaten Bangli, Senin (7/92020).

Kedua pasangan itu yakni, pasangan calon Sang Nyoman Sedana Arta dan I Wayan Diar dan juga pasangan calon I Made Subrata dan Ngakan Made Kutha Parwata. Kedua bakal pasangan calon tersebut mendaftarkan diri pada Jumat (4/9/2020).

Dari hasil pengawasan, pemeriksaan berkas pendaftaran yang diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangli, selurunya dinyatakan lengkap,”kata Koordiv SDM, Organisasi, Data dan Informasi tersebut.

Meski dokumen atau berkas persyaratan pencalonan calon Bupati dan Wakil Bupati Bangli Tahun 2020 telah lengkap, namun Purna menyebut akan tetap melakukan verifikasi kembali atas dokumen itu untuk menentukan apakah persyaratan itu sah atau tidak

"Jadi walau sudah lengkap akan dilakukan verifikasi lagi. Sah atau tidaknya akan dilihat setelah dilakukan Verifikasi Faktual," kata alumnus Universitas Mahasraswati Denpasar itu.

Sementara itu Anggota Bawaslu Kabupaten Bangli I Nengah Muliarta, ST menyebut memang ada kemungkinan berkas yang telah diterima saat pendaftaran itu tidak bersesuaian.

Oleh karenanya pengawasan kita lakukan secara melekat terhadap Verifikasi Faktual mulai dari Ijazah, KTP, SKCK dan masih banyak berkas lainya. “Mungkin saja title pendidikan pada ijazah ataupun nik pada KTP tidak sesuai, jadi ikon per ikon akan kita awasi,”jelas Muliarta

Pria asal Desa Demulih tersebut mengatakan Bawaslu Kabupaten Bangli telah membagi personil untuk melakukan pengawasan Verifikasi Faktual tersebut. Setelah proses verifikasi selesai, akan dinyatakan pada tanggal 23 September 2020 pada saat penetapan pasangan calon.

"Jadi yang mendaftar ini, statusnya masih bakal calon. Sehingga nanti di tanggal 23 September 2020 kalo persyaratan terpenuhi termasuk pemeriksaan kesehatan maka akan ditetapkan sebagai calon," pungkasnya.


Tags : PENDAFTARAN BAKAL CALON DITUTUP, BAWASLU BANGLI LAKUKAN PENGAWASAN VERIFIKASI BERKAS


blog comments powered by Disqus