Pejabat Yang Paling Tahu Tentang Penduduknya Adalah Kepling
06
Dec
Selamat Datang di Website Bawaslu Bangli

Pejabat Yang Paling Tahu Tentang Penduduknya Adalah Kepling


Anggota Bawaslu Kabupaten Bangli I Nengah Muliarta mengatakan pejabat yang paling tahu tentang penduduknya adalah Kepling (Kepala Lingkungan). Menurutnya Kepling adalah orang yang paling dekat dan tahu seluk beluk warganya.

“Oleh karena itu, ketika berbicara pemilih partisipatif, Kepling akan menjadi orang yang paling bisa menggetok tularkan jiwa pengawasan kepada warganya,”ucap Muliarta saat melakukan pengawasan dalam kegiatan Sosialisasi Pendidikan Pemilih yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Bangli sekaligus melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif di Kelurahan Kawan, Bangli, Selasa (12/10/2021).

Muliarta berharap melalui peran Kepling masyarakat di Kelurahan Kawan dapat ikut perpartisipasi aktif dalam pelaksanaan Pemilu/Pemilihan Tahun 2024 mendatang. Partisipasi yang dimaksud bukan hanya sekedar datang ke TPS untuk memilih saja, namun keikutsertaan pemilih untuk ikut mengawal proses demokrasi seperti melakukan pencegahan terhadap potensi pelanggaran yang akan terjadi.

“Kami mendorong masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam mengawal proses demokrasi pada tahun 2024 mendatang,”kata kordiv pengawasan, humas dan Hubal itu.

Selain itu, pria asal desa Demulih itu mengajak masyarakat Banjar Kawan untuk ikut serta mengupdate data diri kependudukan masing-masing untuk menciptakan data pemilih yang berkualitas dan berperan aktif untuk melaporkan ke Bawaslu jika terdapat keluarga atau yang lainnya belum terdaftar dalam daftar pemilih. “Jika ada warga yang belum terdaftar sebagai pemilih silakan sampaikan ke Bawaslu Kabupaten Bangli,”kata dia.

Terlebih laki-laki dua anak itu juga mengajak warga kelurahan kawan untuk ikut mencermati data pemilih berkelanjutan, dan memberikan keterangan yang sebenar-benarnya ketika Bawaslu turun melakukan verifikasi faktual kelapangan.

“ Untuk saat ini itu yang bisa dilakukan, dan saat tahapan sudah berjalan, banyak hal yang bisa diinformasikan masyarakat kepada Bawaslu,”pungkasnya.


Tags : Pejabat Yang Paling Tahu Tentang Penduduknya Adalah Kepling


blog comments powered by Disqus