Jaga Keakuratan DPB, Bawaslu Bangli Lakukan Uji Petik di 4 Kecamatan
22
May
Selamat Datang di Website Bawaslu Bangli

Jaga Keakuratan DPB, Bawaslu Bangli Lakukan Uji Petik di 4 Kecamatan


Bawaslu Kabupaten Bangli telah melaksanakan uji petik Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) selama dua hari pada Senin (21/3/2022) hingga Selasa (22/3/2022).

Uji petik dilaksanakan di empat kecamatan se-Kabupaten Bangli dengan mengambil sebanyak 51 sampel data pemilih di beberapa kelurahan/desa diantaranya Kecamatan Bangli mengambil sambel di kelurahan Cempaga, Desa Pengotan dan landih. Kecamatan Susut di Desa Sulahan, Penglumbaran, dan Tiga. Kecamatan Kintamani di Desa Sukawana dan Awan. Sementara untuk Kecamatan Tembuku mengambil sampel di Desa Yangapi, Peninjoan dan Tembuku.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangli I Nengah Purna mengatakan untuk pelaksanaan uji petik kali ini Bawaslu Kabupaten Bangli  menurunkan seluruh komisioner serta staf sekretariat. "Sampel data pemilih yang digunakan adalah pemilih pemula,"kata Purna.

Dikatakan kordiv Sumber Daya Manusia dan Organisasi itu, Bawaslu Kabupaten Bangli beroptimal dalam meningkatkan kualitas dari DPB sebagaimana yang telah dimutakhirkan oleh KPU Kabupaten Bangli, yakni dengan cara melakukan uji petik terhadap beberapa sampel data pemilih untuk memastikan bahwa data pemilih yang terdapat didalam DPB benar-benar akurat dan valid sesuai dengan fakta dilapangan.

"Untuk pelaksanaanya kami mendatangi kepala desa/lurah, hingga aparat pemerintah paling bawah, dalam hal ini kepala wilayah atau kepala lingkungan setempat. Bila dipandang perlu bisa sampai ke keluarga bersangkutan untuk selanjutnya dikoordinasikan dan di validasi terkait kebenaran data tersebut," tutur pejabat asal Desa Pengotan itu.

Lebih lanjut Alumnus Unmas Saraswati Denpasar itu mengatakan dalam pelaksanaan uji petik yang mengambil sebanyak 51 sampel data pemilih pemula ini, dapat dipastikan bahwa data DPB yang telah dimutakhirkan oleh KPU Kabupaten Bangli telah sesuai dengan fakta di lapangan.


Tags : Jaga Keakuratan DPB, Bawaslu Bangli Lakukan Uji Petik di 4 Kecamatan


blog comments powered by Disqus