BAWASLU MINTA MASYARAKAT SEGERA LAPOR JIKA TEMUKAN DUGAAN PELANGGARAN ATURAN PILKADA
06
Dec
Selamat Datang di Website Bawaslu Bangli

BAWASLU MINTA MASYARAKAT SEGERA LAPOR JIKA TEMUKAN DUGAAN PELANGGARAN ATURAN PILKADA


Anggota Bawaslu Provinsi Bali I Wayan Wirka, SH meminta masyarakat segera melapor ke Bawaslu jika menemukan adanya dugaan pelanggaran aturan Pilkada 2020. Bawaslu, akan menindaklanjuti laporan dugaan pelanggaran yang diberikan oleh masyarakat. "Informasi apa pun dari masyarakat kami akan tindak lanjuti sesuai dengan aturan yang ada," kata Wirka dalam dalam Rapat Koordinasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu di Hotel Segara Kintamani, Kamis (12/11/2020).

Wirka mengatakan, dalam proses Pilkada peran masyarakat sangat dibutuhkan untuk memberikan informasi terkait dugaan pelanggaran. Ketika masyarakat bisa memberikan informasi kepada pengawas, maka Bawaslu akan segera menindak lanjutinya.

Pria asal Tabanan itu menyebutkan, dari data yang telah yang dimiliki, sampai saat ini Bawaslu Kabupaten Bangli telah menindak sebanyak 5 (lima) pelanggaran pemilihan yang berkaitan dengan pelanggaran Undang-undang lainya. “Artinya disini disini Bawaslu sudah menegakkan keadilan pemilu/pemilihan. Jika peristiwanya memang ada maka akan ditindak lanjuti sesuai dengan amanat Perbawaslu Nomor 8 Tahun 2020,”terangnya.

Sementara Anggota Bawaslu Kabupaten Bangli menyebutkan saat ini Bawaslu Kabupaten Bangli sudah gencar melakukan sosialisasi ke Desa-desa yang ada di wilayah Kabupaten Bangli. Sosialisasi yang dilakukan seperti sosialisasi anti politik uang dan juga sosialisasi sadar hukum pemilu. Ia berharap hal tersebut dapat menekan angka pelanggaran yang ada di Kabupaten Bangli.

Terkait dengan pelanggaran pidana pemilihan pihaknya mengatakan, sampai saat ini belum ada. “sampai saat ini Bawaslu masih belum ada penanganan berkaitan dengan tidak pidana pemilihan, tetapi jika memang ada tentunya akan segera ditindak melalui Sentra Gakkumdu,”terang Purna.

Meskipun saat ini tidak ada penanganan berkaitan dengan tidak pidana pemilihan, ia mengatakan tetap melakukan rapat koordinasi Sentra Gakkumdu untuk menyamakan persepsi dan menyeragamkan regulasi terkait tindak pelanggaran pidana pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangli 2020 Desember mendatang. Hal itu dilakukan agar ketika nantinya terjadi pelanggaran pidana pemilihan, ketiga unsur Gakkumdu (Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan) sudah siap menjalankan fungsinya sebagai penegakan hukum tindak pidana Pemilu/Pemilihan.


Tags : BAWASLU MINTA MASYARAKAT SEGERA LAPOR JIKA TEMUKAN DUGAAN PELANGGARAN ATURAN PILKADA


blog comments powered by Disqus