ANTISIPASI CORONA, KETUA BAWASLU BALI MINTA JAJARAN PASTIKAN PPDP PERIKSA SUHU TUBUH SEBELUM COKLIT
23
Oct
Selamat Datang di Website Bawaslu Bangli

ANTISIPASI CORONA, KETUA BAWASLU BALI MINTA JAJARAN PASTIKAN PPDP PERIKSA SUHU TUBUH SEBELUM COKLIT


#semetonbawaslu Ketua Bawaslu Provinsi Bali Ketut Ariyani, SE., MM mengatakan pengawas harus memastikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) memeriksa suhu tubuh sebelum melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit). 

Selain harus mengunakan alat pelindung diri (APD), PPDP juga wajib cek suhu tubuh sebelum ke rumah-rumah melakukan coklit. Itu dikarenakan Proses Pencocokan dan Penelitiaan (coklit) tahapan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Pilkada lanjutan tahun 2020 dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19,”ucapnya dalam Rapat Koordinasi Penguatan Kapasitas SDM dan Kelembagaan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangli Tahun 2020 yang digelar Bawaslu Kabupaten Bangli di Toya Devasya Hot Spring Waterpark Kintamani, Selasa (28/7/2020).

Ariyani mengatakan hal itu sudah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pilkada lanjutan ditengah pandemid Covid-19. Dalam Pasal 5 ayat 2 huruf f disebutkan pengecekan kondisi suhu tubuh seluruh pihak yang terlibat sebelum suatu kegiatan dalam tahapan penyelenggaraan Pemilihan dimulai, dengan menggunakan alat yang tidak bersentuhan secara fisik, dengan ketentuan suhu tubuh paling tinggi 37,30 (tiga puluh tujuh koma tiga derajat) celcius.

Jadi, kalau ada PPDP yang belum melakukan pengecekan suhu tubuh saat melakukan coklit, pengawas harus segera mengingatkan. Kalau sudah diingatkan tetapi tidak dihiraukan maka hal tersebut dapat menjadi temuan. Ketika hal itu terjadi ingat kita sebagai pengawas untuk menuangkan kedalam formulir model A (Form A) pengawasan,”tegas mantan ketua Panwaslu Buleleng tersebut.

Dalam rapat yang diikuti oleh Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bangli tersebut, Ariyani mengatakan, memang sdikit sulit untuk memastikan PPDP sudah melakukan pengecekan suhu tubuh atau belum, karena di setiap Kelurahan/Desa hanya terdapat satu pengawas, sedangkan jumlah TPS di setiap kelurahan/desa belum tentu ada hanya satu TPS (lebih dari satu). Oleh karena itu, ia meminta kepada Panwaslu Kecamatan untuk turun juga melihat di Kantor Desa/Kelurahan, apakah PPDP sudah melakukan pengecekan suhu tubuh atau belum sebelum ke rumah-rumah melakukan coklit

Menurut Ariyani proses Pencocokan dan Penelitian (coklit) ini merupakan tanggung jawab Bawaslu sampai ke tingkat Kelurahan/Desa.  Oleh karena itu ia meminta agar Bawaslu Kabupaten juga aktif memonitoring jajaran saat melakukan pengawasan coklit, agar tahapan awal Pemutakhiran data dan Penyusunan Daftar Pemilih Pilkada Tahun 2020 ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai aturan.


Tags : ANTISIPASI CORONA, KETUA BAWASLU BALI MINTA JAJARAN PASTIKAN PPDP PERIKSA SUHU TUBUH SEBELUM COKLIT


blog comments powered by Disqus